Jumat, 23 Desember 2016

Pimpinan Disiapkan, Harus

LDK Menyiapkan Pimpinan Masa Depan

LDK SMK Raflesia, Situ Gintung - Tangsel.

        Kepemimpinan merupakan motor atau daya penggerak dari pada semua sumber-sumber dan alat-alat (resources) yang tersedia bagi suatu organisasi, oleh karena itu seorang pemimpin adalah sebagai penggerak sumber-sumber (baik sumber human maupun sumber non-human) yang kesemuanya itu ditujukan untuk organisasi, seorang pemimpin juga dituntut untuk memiliki kemampuan keterampilan dalam mengarahkan, membimbing serta mempengaruhi sumber-sumber yang ada dalam organisasi tersebut  untuk mencapai tujuan yang seterarah mungkin.

       Teori heredita yang menyatakan bahwa : kacang tidak membuang lanjarannya. Hanya kalau ayah atau nenek moyangnya adalah pemimpin, maka anak atau keturunannya akan juga menjadi pemimpin, adalah tidak sepenuhnya benar. Sebagai buktinya dapat dilihat di masyarakat. Hal ini menunjukan, untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, maka ia harus menguasai dan memiliki sifat dan teknik-teknik kepemimpinan itu sendiri. Persoalannya kemudian, bagaimana membangun dan mengembangkan sifat dan teknik kepemimpinan tersebut ?

        Jawaban yang paling tepat untuk membangun dan mengembangkan sifat dan teknik kepemimpinan adalah : dengan mengadakan pelatihan kepemimpinan. Latihan kepemimpinan pada umumnya dilaksanakan dengan melatih diri sendiri (self training), artinya orang harus melatih diri bertindak sesuai dengan sifat-sifat kepemimpinan. Latihan itu sendiri memerlukan waktu lama, proses pembiasaan yang meminta banyak waktu, serta membutuhkan keuletan dan ketekunan serta dengan keyakinan yang tulus latihan itu dapat berhasil dan sukses. Dan apabila sifat-sifat kepribadian seorang pemimpin yang baik tersebut telah dimiliki secukupnya, perlu kiranya sifat-sifat itu dipelihara, dipupuk dan dikembangkan. Bila tidak, maka sifat-sifat itu dapat luntur dan menipis kembali. 

                 Bersama DIT - Organizer Provider training berbasis alam bebas membantu Bapak/Ibu guru untuk menciptakan gnerasi yang tangguh yang dapat membangun dan mengembangkan sifat dan teknik kepemimpinan, dengan program yang komperhensif, dibimbing oleh fasilitator yang bersertifikat nasional BNSP mengantarkan program LDK yang high impact.

Semoga pada program LDK angkatan berikutnya dapat menghubungi kami.
















eksisna

About eksisna

Provider kegiatan outdoor dan indoor, biasa menangani perusahaan, instansi pemerintah dan swasta, dengan outbound training, paintball dan rafting .

Subscribe to this Blog via Email :